Kabar Desa


Kabar Desa Detail

KELAS IBU HAMIL DI DESA PAMRIYAN

Kelas ibu hamil merupakan sarana belajar serta diskusi tentang kesehatan ibu hamil yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas, dan perawatan bayi yang baru lahir. Dikelas ibu hamil, peserta dapat belajar bersama, sharing pengalaman antar ibu hamil, serta diskusi bersama mengenai kehamilan dan kesehatan anak.

Kelas ibu hamil merupakan kegiatan berkala satu bulan sekali Puskesmas Gemuh 1 yang kali ini diadakan pada tanggal 31 Januari 2020 di Desa Pamriyan Kec. Gemuh di kediaman Bpk Ahmad Maksun selaku KAUR Pemerintahan. Khusus untuk bulan Januari ibu hamil dapat didampingi oleh suami, dan bulan-bulan selanjutnya hanya diikuti oleh ibu hamil. Jumlah peserta Kelas Ibu Hamil diikuti maksimal 10 peserta, dan bisa bertambah sesuai dengan tempat pelaksanaan Kelas Ibu Hamil.

Pada pertemuan kali ini pembahasan mengenai awal kehamilan, mulai dari gejala pada kehamilan, keluhan pada saat kehamilan, serta mitos-mitos kehamilan dibahas dalam sudut pandang kesehatan. Bidan Puskesmas, Ibu Pujiastuti menjelaskan bahwa ibu hamil wajib periksa laborat, untuk mengetahui golongan darah, HB ibu hamil, keracunan kehamilan serta dapat mengecek banyak penyakit dan dapat mengecek apakah ibu hamil menderita penyakit HIV /AIDS.

Ibu Pujiastuti juga menambahkan bahwa ibu hamil harus benar-benar sehat dan fresh pikirannya. Seorang ibu wajib memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, tidak boleh dikasih makanan/minuman tambahan (susu formula) kecuali air putih. (KKN 2020 UNISSULA)


Di postkan pada 2020-01-31 22:21:51 | Artikel Dikunjungi : 150x